PURBALINGGA – Ribuan masyarakat memadati sisi kiri kanan jalan raya, sepanjang jalur lintasan karnaval pembangunan HUT Kemerdekaan RI ke 72 tingkat Kabupaten Purbalingga, Minggu (27/8). Bahkan di sekitar panggung kehormatan di depan kantor DKPPD Purbalingga, warga kumpul hingga menutupi rute yang akan dilalui peserta pawai. Pawai pembangunan mengambil titik start di depan Kantor Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan finish di depan RSIA Panti Nugroho. Karnaval diikuti lebih dari 17 ribu peserta dari sekitar 700 regu.

Peserta terdiri dari organisasi perangkat daerah (OPD), TNI/Polri, BUMN/BUMD, ormas dan organisasi politik, OPD kecamatan, serta satuan pendidikan dari tingkat SD hingga SLTA. Dalam kesempatan itu, Bupati Purbalingga H Tasdi SH MM dan Wakil Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon didampingi pasangannya ikut pawai hingga ke depan panggung kehormatan. Berada di belakang bupati dan wakil bupati, Forkompimda Purbalingga juga ikut berjalan kaki bersama rombongan pawai. Bupati yang berjalan bersama istri Erny Widyawati menggunakan baju daerah Toraja. Sedangkan Wakil Bupati bersama suami Rizal Diansyah dan putrinya Namira Mikyla Diansyah Putri mengenakan pakaian adat Makassar. Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Purbalingga Drs Imam Hadi MSi mengatakan, pawai pembangunan selain untuk menghibur masyarakat juga untuk memberikan informasi pembangunan kepada masyarakat.

“Banyak peserta yang menampilkan kreativitas berkesenian baik OPD, kecamatan. Bahkan peserta dari satuan pendidikan dan ormas lebih kreatif lagi,” tuturnya. Salah satu unsur seni yang ditampilkan yakni drumband, tek tek, rebana, kuda lumping dan seni budaya lainnya. Pawai tersebut juga menampilkan marching band Arimbi dari Semarang. Serta menampilkan batik carnival yang menjadi juara harapan II Dekranasda Carnival Provinsi Jawa Tengah. Pawai pembangunan dimulai pukul 08.00 WIB berlangsung hingga sekitar pukul 16.00 WIB. Peserta pawai juga memperebutkan juara dan uang pembinaan dari panitia. Peserta disediakan hadiah untuk juara I Rp 5 juta, juara II Rp 3 juta dan juara III Rp 2 juta, serta juara harapan I, II, dan III masing-masing mendapat Rp 1 juta. (tya/sus)